Sejarah Komunitas Orang Muda Nias Kalimantan Tengah (Kormnas Kalteng)

1. Sejarah Pembentukan Kormnas Kalteng

Awalnya pemunda/i Nias yang notabenenya sedang melanjutkan studi di Kota Palangka Raya merindukan suatu perkumpulan diantara Pemuda/I Nias. Untuk itu pada Januari 2017 dibentuklah Himpunan Pemuda Pemudi Nias Kota Palangka Raya (Happinas Palangka Raya). Tidak hanya sampai disitu, kerinduan perkumpulan ini juga ingin melibatkan adanya arahan dari Orang Tua yang berasal dari Nias yang saat itu telah terbentuk suatu perkumpulan yakni IKN (Ikatan Keluarga Nias) Palangka Raya. Untuk itu, demi mewujudkan tujuan itu maka Happinas Palangka Raya pada saat itu melakukan berbagai diskusi kepada IKN-Palangka Raya sehingga pada tahun yang sama Happinas-Palangka Raya berada di bawah naungan IKN Palangka Raya.

Sejarah pembentukan Kormnas Kalteng dimulai pada bulan September 2019. Pembentukan ini diprkarsai oleh 5 Pemuda Nias yakni Albertus Telaumbanua, Febri

Setelah 2 tahun berlalu atau tepatnya pada tahun 2019 IKN Palangka Raya dileburkan menjadi salah satu organisasi Masyarakat Nias yang terstruktur secara Nasional yakni Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) dimana kepengurusannya adalah tingkat daerah atau disebut DPD HIMNI KALTENG. Pada kegiatan Perdana DPD HIMNI KALTENG tepatnya pada 29 September 2019, Happinas Palangka Raya melepas diri dari naungan IKN-PALANGKA RAYA yang kala itu sudah menjadi DPD HIMNI KATENG yang disampaikan oleh Wakil Ketua Happinas Palngka Raya Periode 2019-2020. Keputusan tersebut dibutktikan dengan surat pernyataan yang telah diserahkan oleh Wakil Ketua Happinas Palangka Raya kepada Ketua DPD HIMNI KALTENG.

Keputusan tersebut sangat disayangkan oleh beberapa orang anggota Happinas Palangka Raya karena ketidak kesepahaman dan satu pikiran sehingga keputusan tidak sepenuhnya diketahui oleh anggota. Untuk itu, beberapa orang pemuda Nias yang mengharapkan harus adanya perlindungan dan arahan dari orang tua keluarga Nias melakukan diskusi pada tanggal 7 Oktober 2019 memutuskan untuk keluar dari Happinas Palangka Raya dengan surat pengunduran diri sebagai anggota yang diserahkan kepada pengurus tepatnya pada tanggal 10 Oktober 2019.

2. Sejarah Perkembangan Kormnas Kalteng

Komunitas Orang Muda Nias Kalimantan Tengah (Kormnas Kalteng) merupakan suatu komunitas yang pada dasarnya terbentuk untuk menghimpun orang muda Nias yang sedang berada di Kalimantan Tengah dan menjalin hubungan yang baik terhadap kelurga Nias yang berdomisili di Kota Palangka Raya terutama di Provinsi Kalimantan Tengah. Awalnya komunitas ini dibentuk oleh 5 orang muda yang berasal dari Nias yaitu Albertus Telaumbanua, Febrianto Gea, Meiman Niat Syukur Telaumbanua, Sefearifin Zega, dan Syukur Niawan Nazara.

Pembentukan komunitas ini diawali sejak Oktober 2019 dengan memunculkan berbagai nama komunitas. Namun, ketidaksesuaian dari nama komunitas yang dimunculkan membuat para pemuda Nias ini meminta arahan dari orang tua yang berasal dari Nias yang berdomisili di Palangka Raya untuk memunculkan nama komunitas yang sesuai. Dari beberapa pemikiran inilah muncul nama dengan sebutan Komunitas Orang Muda Nias Kalimantan Tengah atau disingkat dengan Kormnas Kalteng.

Awalnya Kormnas Kalteng terdiri dari 27 orang yang mayoritasnya berstatus Mahasiswa. Namun, berhubungan dengan sibuknya kegiatan kulih, 1 orang mengundurkan diri sehingga menjadi 26 orang. Selanjutnya, rapat perdana komunitas ini dilakukan pada bulan Oktober tepatya tanggal 23 untuk melakukan pemilihan pengurus yakni Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan Bendahara. Pemilihan pengurus ini dimaksud untuk mengayomi anggota yang lain sehingga dapat membuat program kerja. Hasil pemilihan pengurus tersebut menetapkan Sefearifin Zega sebagai Ketua, Noverius Gea sebagai Wakil Ketua, Febrianto Gea sebagai Sekertaris, dan Yeny Putri Kristiani Zega sebagai Bendahara.

Selain melakukan pemilihan pengurus, Kormnas Kaltemg juga melakukan diskusi terhadap orang tua yang posisinya pada saat itu sebagai pengurus HIMNI (Himpunan Masyarakat Nias Indonesia) tingkat daerah Kalimantan Tengah. Diskusi tersebut dimaksudkan dengan tujuan supaya Kormnas Kalteng dapat menjadi organisasi sayap dari HIMNI tersebut. Seperti kata pepatah mengatakan “Usaha tidak mengkhianati hasil”. Hasil diskusi tersebut membuahkan hasil dengan disetujui keberadaan Kormnas Kalteng sebagai organisasi sayap dari HIMNI tingkat daerah Kalimantan Tengah yang berada dibawah Koordinator Kepemudan dan Olahraga dengan diterbitkannya Surat Keputusan (SK) pertama kepengurusan dengan Nomor 22.A/DPD-HIMNI/SK.10.28/X/2019 pada tanggal 28 Oktober 2019.

Comments

Terima kasih atas komentar anda.

Archive

Contact Form

Send